Watermarking pada Media Digital

Apa itu Watermarking ?

Salah satu cara untuk melindungi hak milik intelektual atas produk multimedia (gambar/foto, audio, teks, video) adalah dengan menyisipkan informasi ke dalam data multimedia tersebut dengan teknik digital watermarking. Informasi yang disisipkan ke dalam data multimedia disebut watermark, dan 
watermark dapat dianggap sebagai sidik digital (digital signature) atau stempel digital dari pemilik yang sah atas produk multimedia tersebut.  
contoh watermarking pada media digital
watermarking pada media digital

Watermarking (tanda air) adalah suatu teknik penyembunyian data/informasi pada suatu media digital (bisa gambar, suara, maupun video)  dan mampu tidak terlihat oleh mata biasa dan tahan terhadap proses-proses digitalisasi (editing media, baik noising, blurring, dan lain sebagainya) (sumber : pengolahan citra digital, rinaldi munir)


Perbedaan Watermarking dan Steganografi

Watermarking merupakan aplikasi dari steganografi, namun ada perbedaan antara keduanya. Jika pada steganografi informasi rahasia disembunyikan di dalam media digital dimana media penampung tidak berarti apa-apa, maka pada watermarking justru media digital tersebut yang akan dilindungi kepemilikannya dengan pemberian label hak cipta. Aspek penting dari Steganografi adalah ketersembunyiannya pesan dengan baik pada suatu media digital (disebut juga cover-objek) sedangkan aspek penting dari watermarking adalah memberikan perlindungan pada suatu media digital.

Meskipun steganografi dan  watermarking tidak sama, namun secara prinsip proses penyisipan informasi ke dalam data digital tidak jauh berbeda. Data watermark yang lazim disisipkan ke dalam data digital adalah teks, citra, atau suara. Watermark berupa teks misalnya pernyataan atau pesan yang mengindikasikan kepemilikan dokumen (copyright notification). 


Apa saja yang perlu diperhatikan dalam Watermarking ? 

  • Media yang disisipkan oleh suatu informasi itu sehendaknya tidak jauh berubah dari media aslinya. Karena perubahan yan gsignifikan pada media yang disisipi watermarking akan mengakibatkan kerugian pada media tersebut. Contohnya media yang telah tersisipi akan menjadi rusak, dan informasi yang ditanamkan juga akan ikut rusak.
  • Informasi yang disisipkan di dalamnya juga harus tahan terhadap serangan-serangan yang terjadi, misal dalam sebuah citra harus tahan terhadap pencerahan, rotasi, blurring, dan lain sebagainya. Ketahanan terhadap penyerangan, seperti misalnya penyerangan pengolahan citra menjadi aspek penting untuk watermarking sebagai perlindungan informasi penting pada media digital.
  • Pengungkapan informasi harus bisa dilakukan kembali untuk dapat mengetahui pemilik sah dari media digital yang telah disisipkan informasi.

Post a Comment for "Watermarking pada Media Digital"